Proses yang Mempengaruhi Pengambilan Keputusan Dalam
Organisasi
Pengambilan keputusan adalah menentukan suatu jalan keluar dengan
berkomunikasi secara bersama - sama.
Keputusan terdiri dari :
·
Keputusan Strategis
·
Keputusan Taktis
·
Keputusan Oprasional
Dalam proses pengambilan keputusan ada beberapa metode yang sering di
gunakan oleh para pemimpin, yaitu :
·
Kewenangan tanpa diskusi, seperti : Pemimpin
·
Pendapat ahli, seperti : Consuler
·
kewenangan setelah diskusi
Dari metode di atas tersebut sangat berpengaruh dalam pengambilan
keputusan, yaitu :
·
Kekuatan Mental
Kekuatan mental itu sama seperti prinsip, jadi dalam organisasi harus punya
prinsip.
·
Sanksi
Sanksi sangat perlu dalam organisasi, agar tidak melakukan kesalahan yang
sama baik itu pemimpin maupun anggotanya.
·
Keahlian
Pemimpin harus punya kekuatan mental dalam organisasi, jika tidak sama saja
seperti pemimpin yang tidak mempuanyi gelar.
·
Kharisma
Semua pemimpin harus punya kharisma agar terus menjadi panutan bagi semua
orang. Maka dari itu kharisma merupakan citra baik yang di miliki seseorang
agar menjadi panutan semua orang.
Contoh pengambilan keputusan dalam organisasi :
DPR yang masih ragu dalam pengambilan keputusan menaikkan tarif listrik 10%.
Ini di karenakan bentroknya pemerintah dengan masyarakat. Pemerintah yang ingin
tarif di naikkan, dan masyarakatnyanya yang tidak setuju. Mungkin bagi
pemerintah memaksa ingin menaikkan tarif 10% hanya hal biasa saja, tetapi bagi
masyarakat apalagi yang tidak mampu ini adalah hal yg berat. Akibatnya pihak
DPR pun belum mengambil keputusan apapun untuk menaikkan atau tidak.
sumber :
Tidak ada komentar:
Posting Komentar